MUSYAWARAH DESA PENETAPAN RKPDesTAHUN 2019 DAN DU-RKPDes TAHUN 2020

Karangsambung, 20 Desember 2018,

KEGIATAN MUSYAWARAH DESA PENETAPAN RKPDesTAHUN 2019 DAN DU-RKPDes TAHUN 2020

Berkaitan dengan Penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2019 dan Penetapan DU-RKPDes Tahun 2020 di Desa Karangsambung Kecamatan Losari Kabupaten Brebes yang dilaksanakan pada :

Hari dan tanggal         : Kamis, 20 Desember 2018

Waktu / jam                : 09’00 Wib

Tempat                        : Aula Kantor Balai Desa Karangsambung

Musyawarah Penetapan RKPDes Tahun 2019, yang dihadiri oleh Kepala Desa, unsur Perangkat Desa, BPD, Lembaga Desa, serta wakil-wakil kelompok masyarakat.

Materi yang dibahas dalam Musyawarah Desa, serta yang bertindak selaku unsur pimpinan Musyawarah dan narasumber adalah :

  1. Bahasan Rancangan RKPDes Tahun 2019
  2. Bahasan Rancangan Daftar Usulan RKPDes (DU RKPDes) tahun 2020
  3. Bahasan Para Delegasi Desa yang akan mengikuti Musrenbangcam tahun  2020

Setalah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah desa, menyepakati beberapa hal yang selanjutnya ditetapkan sebagai hasil keputusan musyawarah desa yaitu :

  1. Menyepakati Rancangan RKPDes Tahun 2019, untuk ditetapkan menjadi RKPDes tahun 2019 dan dituangkan dalam Perdes RKPDes tahun 2019;
  2. Menyepakati DU RKPDes tahun 2020 ;
  3. Menyepakati para delegasi desa yang akan mengikuti Musrenbangcam tahun 2020.

Dalam Kesempatan ini Bpk. Kepala Desa, Nurohman, S.Pd menyampaikan Ucapan terima kasih kepada panitia penetapan RKP Desa Tahun 2019, dan penyampaian terima kasih kepada anggota BPD, LPMD, dan peserta rapat serta semua warga desa Karangsambung yang telah sama-sama membangun desa Karangsambung. Juga penyampaian terima kasih kepada Narasumber dari Kecamatan Losari yang nanti akan memberikan pengarahan secara lebih luas tentang perencanaan pembangunan di desa, kami berharap dalam acara ini bisa menghasilkan kesepakatan rancangan RKPDes Tahun 2019, untuk ditetapkan menjadi RKPDes tahun 2019 yang nantinya akan dituangkan dalam Perdes RKPDes tahun 2019.

Selanjutnya Narasumber dari Tim fasilitasi Kecamatan Losari menyampaikan pengarahan Bahwa berdasarkan Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang Perencanaan Pembangunan Desa, maka diharapkan setiap desa agar berjalan sesuai dengan tahapan/alur penyusunan RKP Desa dan Daftar Usulan Desa.

  1. Berpedoman pada hasil kesepakatan musdes, pagu indikatif desa, PADesa, Renc.kegiatan pemerintah, pemerintah prov. Pemerintah kab/kota, jaring aspirasi masy. DPRD Prov. Kan/kota, hasil pencermatan ulang RPJMDes, hasil kesepakatan kerjasama antar desa, dan kesepakatan kerjasama desa dengan fihak ketiga.
  2. Rancangan RKPDes sedikit berisi:
  3. Evaluasi pelaksanaan RKPDes tahun lalu
  4. Prioritas program, kegiatan dan anggaran desa yang dikelola oleh desa
  5. Prioritas program, kegiatan dan anggaran desa yang dikelola melalui kerjasama antar desa dan fihak ketiga

Prioritas program, kegiatan dan anggran desa yang dikelola oleh desa sebagai kew. Penugasan pemerintah, pemda prov, kab/kota.

Dalam acara inti Musyawarah Desa yang dipimpin oleh Ketua BPD  Karangsambung, Bpk. Darum, SH didahului dengan pemaparan hasil pembangunan di tahun 2018 dan perencanaan pembangunan desa untuk tahun 2019 dan Daftar Usulan RKP Desa untuk Tahun 2020.

Peserta menyepakakti hasil Musdes Perencanaan Pembangunan Desa tahun 2019 dan DU RKP Desa tahun 2020 yang akan ditetapkan menjadi RKPDesa Tahun 2019 dan DU RKPDesa tahun 2020 yang nantinya akan dituangkan dalam Perdes RKPDes tahun 2019.

Spread the love
  • 14
    Shares
Kang Ahid
About Kang Ahid 15 Articles
Admin Desa Karangsambung Kecamatan Losari Kabupaten Brebes

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*